Minggu, 29 November 2009

SOLUSI DALAM SUATU ORGANISASI

Solusi merupakan hasil dari proses pemecahan masalah. Bagi sebagian orang menganggap suatu masalah itu dapat diselesaikan dengan mudah, tanpa berpikir panjang terlebih dahulu akan sebab dan akibatnya nanti. Tentunya bagi suatu lembaga atau organisasi timbulnya suatu masalah bukan-lah hal yang musah terutama masalah yang bernilai negatif. Munculnya masalah yang bernilai negatif dapat merugikan organisasi besar, sedikit saja masalah buruk muncul maka setiap orang yang ada dalam organisasi tersebut akan turut ambil andil.

Timbulnya suatu masalah akan segera diatasi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terhadap organisasi yang bersangkutan. Dalam proses pemecahan masalah manajer akan berperan penting untuk menentukan solusi yang tepat. Proses pengambilan solusi yang tepat akan melibatkan suatu pertimbangan dan alternatif dalam pemecahan suatu masalah. Setiap orang akan memiliki cara yang berbeda - beda dalam menyelesaikan suatu masalah.

Untuk mendapatkan solusi yang terbaik maka dilakukan proses evaluasi dengan mempertimbangkan segala konsekuensi yang akan terjadi. Manajer akan melakukan proses pertimbangan untuk memilih yang terbaik. Setelah manajer memutuskan maka akan didiskusikan lagi dengan para manajer lain untuk menyepakati solusi yang telah ia pilih.

Para manajer akan terus memantau keadaan perkembangan organisasi tersebut dalam menghadapi masalahyang sudah diputuskan solusinya. Apakah masalah itu akan hilang dan menimbulkan keuntungan bagi organisasi-nya atau tidak. Bila solusi yang telah diambil tidak dapat menyelesaikan masalah dalam organisasi tersebut maka akan dilakukan langkah – langkah lain yang dapat menghasilkan solusi yang baik dan menyelesaikan masalah – masalah yang timbul. Bila masalah ini selesai maka manajer dan rekan – rekannya dianggap berhasil dalam menjalankan organisasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar