Selasa, 03 November 2009

ORGANISASI DAN METODE

Pengertian organisasi dan metode?
Organisasi merupakan suatu lembaga atau wadah yang didirikan oleh seseorang atau lebih dengan tujuan tertentu, guna menyelesaikan masalah.
Pentingnya suatu organisasi didirikan adalah untuk memecahkan masalah dengan ditangani secara bersama-sama. Dan dalam hal ini kami mendirikan sebuah apotek yang bertujuan untuk membantu masyarakat luas dan mencari keuntungan tertentu.
Apotek ini merupakan suatu organisasi yang dibangun secara modern. Karena sudah menggunakan sistem pengolahan data yang capat dan efisien. Unsur-unsur berdirinya organisasi ini juga sudah lengkap dengan adanya tim pengelola (manusia), adanya kerja sama yang baik dalam melakukan kegiatan, mempunyai tujuan yang sama, mempunyai peralatan yang memadai, didirikan pada lokasi dan lingkungan yang baik, memiliki sumber daya, dan memilki sistem kerja organisasi.
Teori organisasi yang digunakan adalah teori organisasi modern, yang merupakan satu kesatuan antara pemimpin dan karyawan. Jenis organisasi ini merupakan organisasi yang dibangun berdasarkan suatu profesi atau keahlian dalam bidang farmasi (apoteker). Organisasi ini bertipe-kan mendatar (flat). Bentuk organisasi yang digunakan adalah bentuk organisasi staff. Dimana dalam organisasi ini diperlukan staff yang lebih banyak dari pemimpin-nya sendiri. Struktur organisasi akan memperlihatkan suatu hubungan antara pimpinan dan bawahannya dalam hal tanggung jawab dalam organisasi tersebut. Seorang pemimpin tentunya memerlukan staff - staff yang dapat membantunya dalam membangun organisasi yang ia bangun. Fungsi dari staff itu sebagai penanggung jawab sementara pada saat organisasi tersebut sedang berjalan dan akan melaporkan segala aktifitas-nya kepada sang pemimpin.
Pada suatu organisasi pun dapat timbul adanya konflik, biasnya ada beberapa jenis konflik yang dapat tibul secara tak terduga misalnya saja : konflik peranan yang terjadi didalam diri seseorang, konflik antar peranan dalam satu organisasi, konflik yang timbul karena seseorang harus memenuhi harapan beberapa orang, dan yang terakhir konflik yang tibul karena disampaikannya informasi yang saling bertentangan. Konflik yang biasnya sering terjadi dalam oraganisasi adalah konflik antar individu.
Organisasi tentunya menggunakan komunikasi yang dapat dimengerti satu sama lain, agar tidak timbul kesalah pahaman. Komunikasi yang digunakan biasanya bersifat intern. Agar dapat terjalin komunikasi yang baik dan benar harus memenuhi 5 unsur : yaitu, adanya komunikator dan berita yang akan disampaikan, dan adanya komunikasi untuk memberikan tanggapan atau reaksi pada saat berkomunikasi. Ada 2 jenis komunikasi, secara formal dan informal. Komunikasi secara formal biasanya dilakukan biasa dilakukan oleh bawahan kepada atasan (vertikal). berbeda dengan komunikasi secara informal, oleh orang - orang yang sederajat (horizontal).
Dalam organisasi ini ditanamkan sifat kepemimpinan yang demokratis agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan memperoleh dukungan dari bawah-nya. Menjadi seorang yang mampu bersikap demokratis kepada setiap orang terutama bagi karyawan-nya tudaklah mudah. Setiap orang menyukai sikap yang dapat berdemokratis dengan siapa saja. Pemimpin yang bersikap demokratis terhadap bawahannya tentu akan disenangi dan dihargai lebih dari orang lain. Seorang pemimpin dipilih berdasarkan kelebihan, sifat dan bakatnya dalam menekuni suatu usaha, Untuk dapat mencapai keberhasilan tersendiri.
Timbulnya perubahan terhadap suatu organisasi dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu, faktor intern dan ekstern. Faktor intern contohnya adanya perubahan kebijakan oleh pimpinan. Sedangkan perubahan yang disebabkan oleh faktor ekstern contohnya kebudayaan, teknologi dan sebagainya.
Sedangkan metode adalah suatu upaya atau langkah yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dalam hal tertentu. Pentingnya menggunakan suatu metode dalam suatu organisasi adalah untuk mengetahui tujuan dan hasil yang akan dicapai dalam organisasi tersebut.
Sebuah organisasi diperlukan proses pengambilan keputusan oleh seorang pemimpin guna untuk kebaikan bersama dalam organisasi yang didirikan. Proses pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi haruslah relevan sesuai dengan data yang dimilki dan tidak hanya keputusan pribadi yang dipertimbangkan tetapi juga harus keputusan bersama. Model keputusan yang digunakan dalam Apotek kami adalah secara relationalitas. Karena apotek ini mementingkan kenyaman-an bersama.


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar