Sabtu, 17 Oktober 2009

RESAH-NYA SUATU ORGANISASI TANPA PROFESIONALISME

Organisasi merupakan suatu bagan / lembaga yang dibentuk berdasarkan bidang tertentu untuk menangani atau mencapai tujuan yang diinginkan dalam pembentukan organisasi tersebut. Suatu organisasi dibutuhkan seorang pemimpin yang dapat membangun organisai yang ia pimpin, agar dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, dan dapat mencapai tujuan yang semaksimal mungkin dari organisasi tersebut.

Pemimpin juga harus mempunyai sikap dan sifat yang baik agar dapat dijadikan sebagai panutan bagi setiap orang terutama bagi bawahan-nya. Organisasi yang dipimpin dan dijalankan dengan baik tentu akan menghasilkan sebuah kemajuan. Keberhasilan organisasi ini akan mencapai visi dan misi yang telah dipikirkan sebelum organisasi itu dibangun.

Sikap yang sangat berpengaruhbagi sebuah organisasi adalah sikap"profesionalisme". Profesionalisme merupakan komitmen yang harus dimiliki oleh setiap orang, terutama orang yang memiliki tanggung jawab besar dalam dunia umum. Sikap profesional yang dimiliki seseorang akan sangat dihormati, karena bersikap profesional tidaklah mudah. Kita harus mampu dan berani merelakan kepentingan pribadi untuk kepenitngan organisasi itu sendiri. Sikap ini sangat berpengaruh besar bagi seorang pemimpin organisasi, apabila tidak memiliki sikap profesional akan sangat sulit dalam berkonsentrasi.

Profesionalisme harus ditanam dalam diri seorang pemimpin agar dapat mempermudah dalam membangun suatu organisasi untuk menjadi lebih baik dan mencapai tujuan yang diinginkan. Seorang yang dapat bersikap profesional terhadap segala masalahnya, dengan membedakan masalah pribadi dengan masalah pekerjaan, dapat membuat organisasi yang ia pimpin mengalami kemajuan yang baik.

Kurangnya sikap profesional dalam sebuah organisasi dapat membuat organisasi menjadi "resah". Resah yang dalam arti organisasi tersebut sulit fokus pada suatu masalah untuk mencapai tujuan atau visi dan misi yang telah direncanakan. Organisasi yang resah tentu akan sulit untuk mengambil suatu keputusan / tindakan dalam memecahkan suatu masalah.

Resahnya suatu organisasi ini dapat disebabkan oleh pemimpin atau anggota dari organisasi yang kurang berprofesional dalam menjalankan tugasnya. Contohnya saja permasalahan pribadi yang dicampu-adukan dengan pekerjaan, secara otomatis cara pikirnya akan "resah" dan bingung dalam mengambil keputusan sehingga muncul hasil yang tidak memuaskan.

Dalam menjalankan sebuah organisasi diperlukan penanganan yang baik, berpotensi, dan berkualitas tinggi agar mampu menarik minat khalayak umum untuk bergabung dalam organisasi tersebut. Setiap manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda oleh kerena itu dalam organisasi dibuat struktur kepemimpinan dan keanggotaannya. Sehingga masing-masing tugas yang harus dekerjakan dan keputusan yang dapat dipertanggung jawabkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar