Minggu, 10 Januari 2010

pengenalan software

Pengenalan Software
A. Defenisi Software
Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didesain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju dengan sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.
Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer digunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak.
Kata Komputer berasal dari bahasa Yunani Computare yang berarti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata com berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan putare berarti memikirkan, perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa Inggris To Compute artinya menghitung.
Secara umum, komputer dapat diartikan sebagai “suatu perangkat elektronik atau sekumpulan perangkat elektronik yang bekerja secara otomatis, terintegrasi dan terkoordinasi yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu (misalnya menerima, menyimpan, mengolah dan menyajikan data), dikendalikan serta dikontrol oleh instruksi atau program yang tersimpan di dalamnya (mesin)”.
Menurut pengertian di atas, komputer terdiri dari sekumpulan perangkat serta instruksi atau program yang dalam kenyataannya satu sama lain tidak bisa dipisahkan, baik di antara perangkat (mesin) itu sendiri maupun antara mesin dengan instruksi atau program. Semuanya merupakan kesatuan yang saling bekerja sama dan saling tergantung satu sama lain. Karena itu komputer juga merupakan suatu sistem.
Untuk menjalankan sebuah komputer, diperlukan sebuah sistem yang dapat mengatur/ mengontrol kegiatan perangkat keras (hardware) komputer serta berfungsi sebagai pengeksekusi perintah komputer. Sistem yang terintegrasi ini disebut software.
Adapaun Software (perangkat lunak) adalah komponen-komponen berupa program-program atau instruksi-instruksi yang digunakan untuk menjalankan suatu operasi tertentu atau untuk mengontrol sistem kerja komputer. Pada umumnya istilah software menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer.
Software adalah rangkaian instruksi elektronik yang memerintahkan komputer untuk melakukan tugas tertentu sesuai dengan perintah yang di berikan oleh seorang pengguna komputer. Rangkaian instruksi itu disebut dengan ”program”. Software juga dikenal dengan sebutan “perangkat atau piranti lunak komputer”.
Dengan demikian, fungsi dari software komputer adalah:
• Membuat semua peralatan yang ada dalam seperangkat komputer dapat bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.
• Sebagai sistem operasi untuk perangkat elektronik yang menggunakan basis sistem komputer.
• Sebagai media penghubung antara komputer dan pengguna agar terjadi kerjasama yang menghasilkan output sesuai keinginan pengguna komputer.

B. Perkembangan Software
Dari perkembangan perangkat lunak, kita bisa membayangkan bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan perangkat lunak.
Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang direpresentasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off). Cara ini jelas sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
Kelompok-kelompok bit ini disusun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.
Seperti halnya komputer, software juga mengalami perkembangan dari masa ke masa. Hal ini dapat dilihat dengan semakin berkembangnya software- software komputer dan bermunculannya software- software terbaru yang lebih sempurna dari software- software sejenis yang keluar sebelumnya. Adapun era perkembangan software dapat dibagi atas:
1. ERA POINTER ( 1950-1960 )
Bentuk perangkat lunak pada awalnya berupa sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Antara lain :
a. Prosses batch
b. Distribusi terbatas
c. Pembuatan khusus

2. ERA STABIL ( 1960-1980 )
Komputer sudah banyak digunakan dan hanya terjangkau oleh kalangan industri dan perusahan yang membawa pengaruh terhadap perkembangan perangkat lunak. Multitasking dan multiuser sudah banyak dikenal juga sistem basis data. Pada era itu antara lain :
a. Multitasking dan multiuser
b. Realtime ( bekerja dengan cepat )
c. Program database
3. ERA MICRO ( 1980-1990 )
Perangkat lunak pada era ini sudah berkembang untuk memenuhi kebutuhan individu. Dan harganyapun sudah terjangkau oleh individu. Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat luak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Perangkat lunak pada era ini mengalami perkembangan proses berikut :
a. Sistem mulai tersebar kebeberapa kalangan masyarakat.
b. Software mengalami kecerdasan yang mempermudah penggunanya.
c. Harga setiap software mulai terjangkau oleh individu.
4. ERA MODERN ( 2000-tanpa batas )
Era modern merupakan era bangkitnya software dengan interface yang lebih familiar dengan penggunanya dan sudah tersebar ke semua peralatan yang sering digunakan pada masyarakat. Tingkat kecerdasan yang ditunjukan oleh perangkat lunakpun semakin meningkat. Selain masalah teknik, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara, gambar, dan video. Kecerdasan perangkat lunak pada era ini membuat proses perkembanngannya semakin luas menjadi :
a. Media perantara untuk jaringan PC
b. Media perantara atau penghubung antara seperangkat elektronik yang berbeda.
c. Graphical user interface ( GUI ) yang semakin mempermudah user dalam penggunaan.
d. Media pembantu dalam menyelesaikan tugas pekerjaan penggunanya.
Saat ini tingkat pemrosesan yang di kerjakan perangkat lunak telah berubah dari machine-like menjadi seperti human-like. Di dalam teori informasi, di susun hirarki informasi, mulai dari data/ fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge. Dan pada akhirnya gabungan knowledge yang di gabung dari berbagai sisi guna membangun wisdom.
Data yang di proses pun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film). Sejauh perkembangan hingga saat ini, seluruh proses menggunakan format data digital dengan satuan bit (binary digit).

sumber : http://arzhytc.blogspot.com/2009/03/pengenalan-software.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar