Senin, 04 Januari 2010

Konsep Pengenalan Manajemen Strategi

Konsep Pengenalan manajemen Strategi

Sistem atau cara dimana suatu perusahaan ingin mencapai tujuannya dengan baik, akan memiukirkan strategi atau cara apa yang akan dilakukan demi masa depan perusahaannya. Tentunya tidak sembarang orang yang dapat membuat strategi menyangkut hal besar bagi perusahaanya. Akan dipilih orang – orang yang dapat berfikir kritis, objektif, faktual, terpercaya, dan infomatif untuk menangani bidang ke-strategisan perusahaan. Dapat dikatakan dengan adanya susunan ini akan mempermudah dalam hal pensiasatan produksi dan distribusi atau pun iklan kepada umum.

Persaingan yang terjadi saat ini membuat banyak perusahaan menjadi sulit berkembang dengan adanya perusahaan baru yang lebih dari perusahaan lama. Dengan ini sangat diperlukannya strategi – strategi pengambilan keputusan untuk mengikuti perkembangan produksi antar perusahaan. Saat dimana suatu perusahaan mengalami kesulitan dalam menyaingi produk perusahaan lain, manajemen strategis ini lah yang akan turun tangan untuk membantu dan melayani persaingan yang terjadi.

Kemampuan dari para manajemen tingkat strategis berbeda dengan manajemen tingkat lain. Pengambiulan keputusannya akan diserahkan kepada sang pemimpin dan disetujui dahulu untuk mendapatkan jawabannya atau kesepakatannya.

Perencanaan strategi yang kompeten dalam tujuan jangka panjang akan menghasilkan pencapaian yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Secara bertahap manajemen strategis melakukan perumusan masalah terlebih dahulu dengan membicarakan visi & misi dalam perusahaan, tahap selanjutnya adalah implementas strategi yang meliputi sasaran tahunan, kebijakan, motivasi karyawan, alokasi sumber daya untuk dihasilkan perusahaan, dan yang terakhir tahap peng-evaluasian strategi yang meliputi peninjauan internal dan eksternal, mengukur kinerja, dan tindakan perbaikan.

Perencanaan strategis merupakan pedoman dalam suatu perusahaan dimana manajemen akan membuat langkah – langkah atau strategi untuk membangun perusahaan. Perencanaan strategi ayng dibuat harus dipertanggung jawabkan sesuai dengan prinsip yang telah ditetapkan oleh perusahaan tersebut.

1 komentar: