Senin, 04 Januari 2010

Pengenalan Manajemen Strategis

Manajemen strategis adalah proses pengidentifikasian suatu tujuan yang akan dicapai oleh sebuah organisasi dan dengan cara apa untuk dapat mencapai hasil yang maksimal. Peran suatu manajemen strategis sudah sangat banyak dizaman sekarang ini. Pada saat sekarang ini perdagangan barang dan jasa bersaing ketat, dengan itu setiap perusahaan dituntut untuk dapat mencapai pasaran ayng tinggi diminati masyarakat luas. Perusahaan akan merasa ditantang untuk lebih ekstra dalam memasarkan produk-nya. Diadakannya manajemen strategis dalam suatu perusahaan untuk membantu dalam persaingan dan pengembangan perusahaan tersebut.

Manajemen strategis merasa ditantang untuk mencari laba diatas rata-rata. Manajemen memiliki bermacam sumber daya untuk menghasilkan sesuatu ayng berguna dan menarik minat. Semakin baik karya itu dibuat tentu akan semakin menarik minat setiap konsumen dengan mendatangkan keuntungan yang lebih dari biasanya. Setiap produk yang dihasilkan akan menjadi patokan bagi perusahaan itu untuk bersaing dengan perusahaan lain.

Dalam manajemen strategis ini dibutuhkan tenaga ahli yang profesional dalam beberapa bidang tidak hanya satu bidang saja. Agar pekerja dapat dipindahkan kebidang lain untuk mempelajari hal lain yang dapat membantu perkembangan pengetahuannya.

Manajemen harus memiliki visi yang ingin dicapai. Visi ini merupakan tahapan pertama perencanaan strategis dalam suatu perusahaan untuk berkembang dan bersaing. Visi organisasi menggambarkan posisi penting atau peluang besar ayng mungkin diraih dimasa depa. Peluang tersebut hanya dapat diraih dengan adanya kerja keras dan motivasi yang mendukung majunya sebuah karya perusahaan. Visi sebuah perusahaan dapat memusatkan, mengarahkan dan memberi pandangan terhadap bisnis. Pernyataan visi yang jelas memberikan dasar untuk berkembangnya suatu perusahaan.

Model peting yang menunjukan kemajuan suatu perusahaan akan menunjukan sumber daya dan penghasillan yang jelas. Model ini memberikan pengertian tentang organisasi yang menjadi kumpulan sumber daya dan ke,mampuan unik yang menjadi dasar strategis. Setiap perusahaan yang bersaing dalam dunia industri tentu akan memiliki sumber daya dan tenaga yang berbeda-beda dan mengembangkan kemampuannya dengan cara yang berbeda pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar