Senin, 08 November 2010

kalimat

Kalimat merupakan kumpulan kata yang saling berhubungan, dimana kalimat tersebut akan memberikan suatu maakna / arti. Kalimat harus memiliki intonasi dalam penyampaiannya, agar pendengar tidak salah mengartikannya. Karena dalam satu kata dapat memiliki penulisan yang sama tetapi intonasi pembacaannya berbeda. Dalam pembuatan suatu kalimat yang baik dan benar sesuai dengan kamus bahasa Indonesia, maka dalam kalimat harus memiliki unsur-unsur untuk menyempurnakan kalimat tersebut. Unsur-unsur utama dalam suatu kalimat pada dasarnya terdiri dari subjek, predikat, objek, pelengkap dan keterangan. Dapat dijelaskan satu persatu, dibawah ini.

Pola kalimat :








UNSUR – UNSUR POKOK KALIMAT :

• Subjek (S) merupakan unsur pokok dalam suatu kalimat. Yang pada awalnya diletakkan diawal kalimat (disamping sebelum predikat). Namun subjek ini dapat diletakkan dimana saja untuk memperjelas suatu kalimat. Subjek dapat dicirikan misalnya untuk menjawab pertanyaan (apa dan siapa), subjek juga dapat berupa kata benda yang tidak didahului oleh preposisi.

• Predikat (P) merupakan unsur pokok dalam suatu kalimat yang diletakkan disamping sesudah subjek. Predikat berfungsi untuk menjawab pertanyaan( mengapa dan bagaimana). Predikat juga dapat berfungsi untuk menyatakan pernyataan atau perintah dan pertanyaan. Predikat dapat disertai dengan kata (adalah dan merupakan), predikat juga dapat disertai dengan kata keterangan aspek dan modalitas, predikat dapat didahului dengan kata (yang) . predikat dapat diartikan menjadi kata benda(frase nominal), kata kerja (frase verbal), kata sifat (frase adjectival), kata bilangan (frase numeric), kata depan (frase prepossisional).

• Objek (O) merupakan unsur pokok dalam suatu kalimat yang diletakkan disamping setelah predikat. Yang berfungsi untuk melengkapi pengertian dari sebuah predikat yang menerangkan kata kerja transitif.

• Pelengkap (Pel) merupakan unsur pokok dalam suatu kalimat yang diletakkan disamping setelah objek. Yang memiliki kesamaan fungsi dengan objek tetapi ditambahkan untuk melengkapi suatu kalimat agar lebih mudah dimengerti.

• Keterangan (Ket) merupakan unsur pokok dalam suatu kalimat yang diletakkan disamping setelah pelengkap. Yang berfungsi untuk menjelaskan suatu informasi yang nyata dari kalimat. Misalnnya saja untuk menjelaskan suatu tempat, waktu, kejadian, dan keterangan lainnya.


Contoh kalimat :

1. Indah memiliki rambut yang berkilau.
S P O Pel Ket

2. Kami tidur pukul 9.00 malam.
S P Ket.Waktu

3. Buku itu tebal sekali.
S Ket.Sifat



tugas 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar