Sabtu, 16 Oktober 2010

FUNGSI DAN KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA Berdasarkan ikrar sumpah pemuda tanggal 28 oktober 1928

FUNGSI DAN KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA
Berdasarkan ikrar sumpah pemuda tanggal 28 oktober 1928

Bahasa merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Dengan menggunakan sebuah bahasa maka kita dapat saling berkomunikasi dengan orang lain. Sehingga akan terjalin interaksi social yang baik.
Negara kita ini memiliki bahasa persatuan yakni Bahasa Indonesia. Bangsa Indonesia terdiri dari beraneka ragam suku bangsa beserta bahasa daerah masing – masing, dengan banykanya jenis bahasa daerah maka harus ada satu bahasa yang menjadi bahasa persatuan untuk keseluruhan suku – suku di Indonesia. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, yang menjadi pemersatu bangsa ini. Pada masa penjajahan , dimana saat itu bangsa ini sedang terpecah belah dan harus dipersatukan kembali. Maka muncul keinginan para pemuda untuk menjembatani perpecahan yang terjadi dengan mengadakan suatu kongres pemuda yang akhirnya melahirkan sebuah ikrar. Yakni Ikrar Sumpah Pemuda yang dikumandangkan pada tanggal 28 oktober 1928. Dan isi dari ikrar ini adalah :
Kami putera dan puteri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia.
Kami putera dan puteri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia.
Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Dengan ini, maka bahasa Indonesia memiliki 2 kedudukan yang sangat penting yaitu :
- kedudukan Bahasa Indonesia sebagasi bahasa nasional
kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional juga merupakan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan Indonesia. Dan dalam kedudukan ini bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai :
1. lambang jati diri (identitas) : yang berarti bahasa Indonesia merupakan symbol dari Negara Indonesia beserta penduduknya. Dimana bangsa lain akan mengetahui bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi Indonesia.
2. Lambang kebanggaan bangsa : dengan memiliki bahasa Indonesia, kita harus bangga dan mempertahankan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan republic Indonesia.
3. Alat pemersatu : alat pemersatu berbagai masyarakat yang mempunyai latar belakang, etnis dan social budaya yang berbeda-beda.
4. Alat penghubung antarbudaya dan antardaerah : diantara suku yang beraneka raga mini diperlukan bahasa pemersatu yakni bahasa Indonesia yang dapat menjadi pemersatu bangsa dan budaya yang berbeda-beda ini.
- kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi atau Negara

dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sehingga mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar