Kamis, 08 April 2010

hukum permintaan dan hukum penawaran

Dalam bidang ekonomi kita akan menemui proses perdagangan yang didalamnya terdapat kegiatan permintaan dan penawaran terhadap suatu barang atau jasa yang kita butuhkan. Ilmu ekonomi mempelajari tentang hukum penawaran dan hukum permintaan yang memperngaruhi harga dan ketersediaan barang tersebut.

Hukum permintaan berbunyi : “ Apabila harga barang naik maka jumlah permintaan turun, begitu pula sebaliknya. Apabila harga barang turun maka permintaan naik.”
Faktor – faktor yang mempengaruhi hukum permintaan:
- selera masyarakat yang berbeda-beda.
- jumlah pendapatan masyarakat.
- intensitas kebutuhan.
- adanya barang subsitusi yang dapat digunakan.
- banyaknya masyarakat yang membutuhkan barang dengan jenis yang sama.

Ada beberapa jenis permintaan :
- Permintaan absolut, yaitu permintaan yang harus dipenuhi tanpa mempertimbangkan kemampuan membeli. Misalnya membeli beras (bahan pokok) tanpa harus didasari dengan pertimbangan dulu, kita harus membelinya.
- Permintaan potensial, yaitu permintaan yang disertai dengan kemampuan membeli. Misalnya membeli barang yang tidak terlalu penting, bila masih mampu untuk membelinya maka tidak masalah.
- Permintaan efektif, yaitu permintaan yang benar – benar dilaksanakan.

Fungsi permintaan dapat dicari dengan :
Qd = a – b. P
Qd = jumlah barang yang diminta
a = konstanta
b = gradien garis
P = harga barang

Hukum penawaran berbunyi : “apabila harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan naik, begitu pula sebaliknya apabali harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun.”
Faktor – faktor yang mempengaruhi hukum penawaran :
- kemampuan para produsen untuk memproduksi.
- ketersediaan bahan produksi.
- jumlah permintaan terhadap perusahaan.
- banyaknya pesaing bisnis.

Fungsi penawaran dituliskan : Qs = - a + b. P
Qs = jumlah barang yang ditawarkan
a = konstanta
b = gradien garis
P = harga barang

Dari pernyataan – pernyataan diatas dapat diambil contoh, misalnya saja harga BBM yang semakin meningkat dalam kurun waktu yang singkat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Hal ini terjadi, ketersediaan BBM semakin hari semakin habis dan sulit untuk diproduksi lagi karena adanya keterbatasan sumber daya alam. Dengan adanya keterbatasan ini maka BBM semakin langka, sedangkan semakin banyak masyarakat yang membeli kendaraan pribadi guna menghemat biaya transportasi. Tetapi sebaliknya, harga BBM semakin meningkat dan membuat masyarakat pun merasa berat untuk membeli BBM. Dalam hal ini dapat berlaku “hukum permintaan, dimana pada saat harga BBM naik maka semakin sedikit pula yang membeli”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar