Minggu, 28 Februari 2010

security banking

Hal yang sedang marak terjadi di Indonesia dan menjadi kekhawatiran khusus bagi para nasabah bank, adalah pembobolan ATM. Pembobolan ATM ini merisaukan warga terutama bagi para nasabah bank yang dimana bank tempat mereka menyimpan uang yang dianggap aman menjadi rawan pencurian uang mereka. Pada dasarnya bank dianggap tempat yang paling aman untuk menyimpan uang atau asset berharga lainnya. Tetapi dengan adanya kasus ini maka banyak warga pun yang was-was dalam menabung.

Kasus ini lebih cenderung menimpa bank ternama atau bank yang sudah dipercaya masyarakat . seperti bank MANDIRI dan BCA. Dengan munculnya kasus seperti ini sangat merugikan bagi bank maupun bagi para nasabah terutama nasabah yang menjadi korban penjebolan ATM.

Para pelaku dengan mudah mengambil uang dari ATM dengan melakukan pengintaian terlebih dahulu dan dengan cara menipu korbannya. Proses penjebolan ini dilakukan dengan berbagai motif kejahatan misalnya saja dengan merusak mesin ATM agar kartu ATM tersangkut didalam mesin ATM tersebut, lalu pelaku akan menyuruh korban untuk melaporkan kepada operator, tentunya sang operator bukan lah operator bank yang asli, melainkan tipuan dari sang pelaku. Pada saat korban menghubungi operator maka operator gadungan tersebut akan meminta nomor pin korban. Dan dengan mudah kartu ATM yang ada didalam mesin ATM tersebut akan dicairkan oleh pelaku.

Dengan adanya kasus ini warga harus selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi di ATM. Dan untuk mengetahui terus perkembangan tabungan anda maka lakukanlah pengecekkan terus dengan cara mengecek saldo dan mengeprint buku tabungan. Bila anda merasakan ada yang kurang anda pahami tentang catatan buku tabungan anda, dapat anda tanyakan langsung kepada pihak bank ayng bersangkutan.

Anda pun dapat menghindari pembobolan melalui kartu ATM anda dengan mengganti nomor PIN dengan angka-angka yang tidak berhubungan dengan identitas anda. Misalnya saja, jangan menggunakan tanggal lahir sebagai nomor PIN, atau nomor telephone. Atau pun nomor identitas lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar