Sabtu, 17 Oktober 2009

RESAH-NYA SUATU ORGANISASI TANPA PROFESIONALISME

Organisasi merupakan suatu bagan / lembaga yang dibentuk berdasarkan bidang tertentu untuk menangani atau mencapai tujuan yang diinginkan dalam pembentukan organisasi tersebut. Suatu organisasi dibutuhkan seorang pemimpin yang dapat membangun organisai yang ia pimpin, agar dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, dan dapat mencapai tujuan yang semaksimal mungkin dari organisasi tersebut.

Pemimpin juga harus mempunyai sikap dan sifat yang baik agar dapat dijadikan sebagai panutan bagi setiap orang terutama bagi bawahan-nya. Organisasi yang dipimpin dan dijalankan dengan baik tentu akan menghasilkan sebuah kemajuan. Keberhasilan organisasi ini akan mencapai visi dan misi yang telah dipikirkan sebelum organisasi itu dibangun.

Sikap yang sangat berpengaruhbagi sebuah organisasi adalah sikap"profesionalisme". Profesionalisme merupakan komitmen yang harus dimiliki oleh setiap orang, terutama orang yang memiliki tanggung jawab besar dalam dunia umum. Sikap profesional yang dimiliki seseorang akan sangat dihormati, karena bersikap profesional tidaklah mudah. Kita harus mampu dan berani merelakan kepentingan pribadi untuk kepenitngan organisasi itu sendiri. Sikap ini sangat berpengaruh besar bagi seorang pemimpin organisasi, apabila tidak memiliki sikap profesional akan sangat sulit dalam berkonsentrasi.

Profesionalisme harus ditanam dalam diri seorang pemimpin agar dapat mempermudah dalam membangun suatu organisasi untuk menjadi lebih baik dan mencapai tujuan yang diinginkan. Seorang yang dapat bersikap profesional terhadap segala masalahnya, dengan membedakan masalah pribadi dengan masalah pekerjaan, dapat membuat organisasi yang ia pimpin mengalami kemajuan yang baik.

Kurangnya sikap profesional dalam sebuah organisasi dapat membuat organisasi menjadi "resah". Resah yang dalam arti organisasi tersebut sulit fokus pada suatu masalah untuk mencapai tujuan atau visi dan misi yang telah direncanakan. Organisasi yang resah tentu akan sulit untuk mengambil suatu keputusan / tindakan dalam memecahkan suatu masalah.

Resahnya suatu organisasi ini dapat disebabkan oleh pemimpin atau anggota dari organisasi yang kurang berprofesional dalam menjalankan tugasnya. Contohnya saja permasalahan pribadi yang dicampu-adukan dengan pekerjaan, secara otomatis cara pikirnya akan "resah" dan bingung dalam mengambil keputusan sehingga muncul hasil yang tidak memuaskan.

Dalam menjalankan sebuah organisasi diperlukan penanganan yang baik, berpotensi, dan berkualitas tinggi agar mampu menarik minat khalayak umum untuk bergabung dalam organisasi tersebut. Setiap manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda oleh kerena itu dalam organisasi dibuat struktur kepemimpinan dan keanggotaannya. Sehingga masing-masing tugas yang harus dekerjakan dan keputusan yang dapat dipertanggung jawabkan.

Organisasi-nya Salah Langkah





















NB : KLIK BAGAN DIATAS untuk melihat lebih jelas.

Dari bagan diatas sebuah organisasi "salah langkah" karena tidak memiliki rencana kerja. Walaupun memilki nilai & visi, misi, aturan, profesionalisme, insentif dan sumber daya. Dengan melihat bagan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa sebuah organisasi tidak akan maju tanpa adanya rencana kerja yang baik.

Tidak perlu disangkal lagi bahwa apapun yang ingin kita lakukan, bila ingin berjalan dengan baik dan sesuai keinginan kita, maka haruslah kita merencanakannya terlebih dahulu. Segala sesuatu yang dilakukan tanpa adanya rencana dahulu, tentu hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Apa yang telah kita rencanakan atau siasati dengan baik maka akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

Suatu organisasi yang memiliki nilai & visi, misi, aturan, sikap profesional, insentif, sumber daya, dan rencana kerja, tentunya akan menjadi organisasi yang mengalami kemajuan. Bereda dengan organisasi yang tidak mamilki rencana kerja, tentunya organisasi tersebut akan mengalami kesulitan untuk melakukan suatu pekerjaan yang tidak didasari dengan perencanaan terlebih dahulu.

Sebuah organisasi yang memiliki rencana kerja yang efisien, sehingga organisasi tersebut akan mencapai tujuan dengan waktu yang sudah terencana. Karena tanpa adanya rencana kerja dalam mlakukan suatu hal, akan menghambat kita untuk memperoleh keberhasilan dengan waktu yang singkat. Dalam suatu organisasi bila tidak ada rencana kerja yang dibuat dahulu, maka akan menghambat kita dalam bekerja. Sehingga membuat organisasi tersebut mengambil keputusan yang salah / salah langkah. kesalahan ini dapat menyebabkan suatu organisasi tidak berkembang dengan baik.

Oleh karena itu dalam suatu organisasi sangat berperan penting adanya rencana kerja. Agar semua pekerjaan dapat teratasi dengan baik.

Minggu, 04 Oktober 2009

Mata Sehat

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting dalam kehidupan setiap makhluk hidup. Mata memiliki tingkat kesensitifan yang besar, misalnya terjadinya iritasi pada mata kita yang diakibatkan oleh polusi dapat menyebabkan mata merah dan gangguan terhadap penglihatan kita. Bagaimana cara kita untuk merawat mata agar mata tetap sehat dan berfungsi dengan baik? tips-tips yang dapat kita pelajari :

- Memeriksakan mata minimal setahun sekali.
Bila kita merasakan adanya gangguan penglihatan sebaiknya langsung diperiksakan kedokter. Gangguan penglihatan dapat disebabkan juga dengan pemakaian lensa contac ataupun kacamata yang tidak cocok ukurannya (terjadi pusing dan berat pada saat melihat).

- Memakai kacamata pada saat panas.
Pada saat siang hari yang terasa panas, sinar ultraviolet dapat mengganggu penglihatan sehingga disarankan untuk memakai kacamata hitam. Agar sinar ultraviolet tidak secara langsung diterima oleh mata. Kacamata yang baik yang digunakan pada saat siang hari adalah kacamata yang dapat memantulkan radiasi sinar ultravio
Save as Draft
let sebanyak 98%.

- Mengkonsumsi makanan/minuman yang baik buat mata.
Survey menunjukkan bahwa vitamin dan kelompok antioksidan bisa mencegah atau paling tidak bisa memperlambat degenerasi makular dan pertumbuhan katarak. Biasanya, nutrisi yang baik untuk tubuh juga baik untuk mata kita.

- Penggunaan cahaya yang tepat.

Pencahayaan yang terbatas pada saat bekerja, dapat menyebabkan kelelahan mata. Namun, cahaya yang berlebihan juga tidak baik untuk mata. Arah cahaya terbaik pada saat berkeja dengan menggunakan komputer adalah arah cahaya dari lampu meja yang bercahaya lembut yang diletakkan di samping komputer. Jangan lupa mengurangi tingkat kecerahan layar komputer agar warna menjadi tidak terlalu terang dan mata akan menjadi nyaman.

- Istirahatkan mata.
Beberapa orang sering mengeluh bahwa mata mereka menjadi tidak nyaman setelah duduk berjam-jam di depan layar komputer. Hal ini disebabkan karena mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya. Agar mata bisa tetap nyaman, tutup mata dan hitung sampai lima hitungan kemudian membuka mata kembali. Bisa juga berpaling dari monitor ke subjek lain sesering mungkin agar mata tidak terlalu lelah.

- Cari lensa kontak dengan kualitas baik.

Tidak semua lensa kontak nyaman untuk mata kita. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pemilihan saat membeli lensa kontak.

- Rawat lensa kontak dengan baik.
Lensa kontak memang tidak begitu merepotkan, tetapi bukan berarti bahwa kita tidak perlu memperhatikan kebersihannya. Setiap kali akan menggunakan atau melepas lensa kontak, bilaslah dengan cairan pembersih. Selain itu, mengganti air di tempat penyimpanan lensa kontak juga dapat membantu menjaga kebersihannya.

- Gunakan lensa kontak sesuai jadwal yang disarankan.

Perhatikan masa expired lensa kontak karena penumpukkan protein pada lensa akan mengaburkan penglihatan. Resiko lain yang bisa terjadi adalah mata kita bisa terinfeksi.

sumber: majalah KINGDOM edisi ke 4 tahun 2008